Thursday 17 December 2015

NOVEL percintaan

CUPLIKAN NOVEL


Judul Asli     : Five On a Hike Together
Penulis         : Enid Blyton
Alih Bahasa : Agus Setiady
Penerbit       : Gramedia Pustaka
Cetakan        : 9 Mei 2001
Tebal             :236 Halaman

Hasil carian imej untuk gambar novel












1.    Surat dari Julian
     Pada suatu hari Anne mendapatkan surat yang diberikan kepada Julian yaitu kakak dari Anne yang diantarkan lewat George menurut Anne surat itu penting karena bukan kebiasaan Julian mengirimkan surat. Ternyata surat itu berisi liburan yang akan bertepatan pada akhir pekan beberapa hari, Julian bersama temannya mendapat beasiswa yaitu liburan beberapa hari dalam libur musim dingin pasti liburan tersebut sangat menyenangkan .

2.    Berangkat
     Saat mereka ingin berangkat ke tujuan Julian dan Dick senang sekali, karena liburan mereka ditambah 2 hari lagi. Sebelum berangkat, Julian masih mempelajarin peta, peta itu berskala besar. Lalu mereka berangkat menggunakan bus, lalu bus memasukin sebuah desa. Mereka akan turun di desa Pippin. Sambil mereka menunggu Anne, George, dan Timmy mereka minum limun. Pada saat mereka ingin menuju tujuan mereka memesan 64potong sandwich dan beberapa botol limun.



3.    Merintis padang
Lalukeempat anak itu berangkat, didului oleh Timmy yang berlari-lari
              Didepan mereka. Sekolah rasanya sudah jauh sekali. Lalu keempat anak    
              itu membuka jaket masing-masing, lalu menyampirkan di pundak mereka.
              Masing-masing membawa mantel hujan yang yang digulung dan diikatkan     
            ke ransel. Tapi mereka tak merasakan beban tambahan itu, karena
            perjalan baru saja dimulai. Lalu Timmy masuk kedalam lubang kelinci,
            mereka berempat berusaha mengeluarkan Timmy, beberapa menit
             kemudian akhiran Timmy keluar. Tapi George kuatir dengan keadaannya

4.    Timmy cedera
 Sehabis makan, anak-anak masih beristirahat sebentar di atas bukit.
  Setelah itu mereka melanjutkan perjalanan ke pertanian tempat kita akan      menginap malam ini. Kita harus berusaha tiba di tempat sebelum pukul lima sore, karena hari makin cepat gelap. Tetapi ternyata Timmy cedera. Julian dan George mengantarkan Timmy pergi ke Wisma Spiggy, itu tempat tinggal Pak Gaston. Sedangkan Anne dan Dick pergi menuju ke Pertanian Telaga Biru.


5.    Dick dan Anne
     Tahu-tahu langit menjadi gelap. Matahari menghilang di balik segumpal awan mendung. Keduannya lantas mempercepat langkah. Mereka menyusuri jalan keluar desa. Kemudian mereka tiba di suatu belokan kekanan. Mestinya itu yang di maksud oleh orang tadi. Setelah menyebrangi pintu pagar yang kedua, mereka sampai di sebuah lapangan yang sangat luas. Akhirnya kedua anak itu tiba di depan sebuah pintu gerbang besar. Lalu mereka sampai di sebuah rumah yg dihuni oleh ibu tua yg sedang menjahit, ternyata ibu tua tersebut tuli. Akhirnya mereka berdua menginap di rumah tersebut, tapi Dick tidak tidur didalam rumah dia tidur di gubuk karena dirumah tersebut juga ada seorang anak lelaki yang tidak suka apabila ada seseorang didalam rumahnya.

6.    Kejutan di tengah malam
Anne tidur didalam loteng yang terdapat kasur yang bersih, dan selembra selimut.anne merpaling dari jendela. Ia rasanya capek sekali. Sisa makanan di habiskan. Setelah itu minum dari kendi. Karena itu ia langsung merebahkan diridi atas kasur dan menyelumbungi tubuh dengan selimut. Pada saat Dick tertidur adaseseorang yang memanggilnya dari luar jendela orag tersebut melemparkan selembar kertas yang tidak tahu apa makna dari selembar kertas tersebut. Setelah beberapa menit lalu anak dari ibu tua tersebut datang kedalam gubuk sepertinya lelaki itu sedang menunggu seseorang.

7.     Pagi hari
Dick berdiri, lalu menggeliat. Rasanya badannya kotor dan kumal. Ia juga lapar sekali. Ia merpikir-pikir maukah wanita tua itu mengizinkan jika ia mengatakan ingin membeli roti, keju, dan susu segelas. Dick menyelinap keluar, lalu memandang kearah jendela kecildikamar loteng tempat Anne tidur tadi malam. Seorang lelaki muncul. Orang itubertubuh pendek gempa, dengan rambut lebat tapi tak terurus. Orang itulah yang adalah rumah Dicky Dick kataseseorang remaja.

8.    Bergabung lagi
      Senang rasanya bisa berkumpul seperti biasa lagi. Julian memegang lengan Anne. Julian agak waswas melihat wajah adiknya pucat. Anne mengangguk. Anak itu langsung merasa senang lagi, karena mereka berlima sudah berkumpul kembali. Wanita yg mereka lihat di jendela kemarin datang menghampiri mereka. Julian lantas memesang makanan karena merekabereempat sudah sangat lapar. Setelah mereka makan, mereka lantsa menceritakan semua kejadian yg mereka alami tadi malam sambil berjalan-jalan

9.    Laporan Dick
     Dick memulai bercerita. Tapi anak-anak sukar mengikuti ceritanya dengan baik, karena di tepi sungai mereka tak bisa berjalan sejajar. Ditempatitu tak ada yang jalan biasa. Lalu akhirnay mereka duduk diats rumput, dan Dick mengulangi semua ceritanya dari awal kembali. Pada saat cerita Dick sambil mengeluarkan kertas yang tidak tahu maknanya yang di berikan seseorang dari balik jendela tempat Dick tidur semalem. Akhirnya mereka berempat memerhatikan peta untuk mencari letak kantor polisi, untuk memberitahukan apa arti surat yg diberikan seseorang dari balik jendela.

10.                     Lapor ke Polisi
     Ternyata di desa Reebles ada kantor polisi. Kantornya kecil, menempel pada sebuah rumah polisi yang berdinas di situ. Polisi itu bertugas mengawasi empat desa sekaligus. Karena itu ia agak sombong menganggap dirinya orang penting. Lalu merek amenceritakan semua kejadian. Tapi malah polisi tersebut agap bahwa cerita itu hanya tipu belaka, karena lata dia banyak orang yg bercerita tersebut padanya. Lalu Dick memberikan surat tersebut, tapi malah sama polisi tersebut di robek hinggga menjadi empat bagian. Lalu Dick mengelimnya kembali.

11.           Dimanakah Saucy Jane?
Mereka berusaha tetapmenyusuri tepi danau. Tapi agak sulit, karena semak dan pohon-pohon tumbuh sampai ke tepi air. Kelihatannya di tempat itu sama sekali tidak ada tempat penyimpanan perahu.george yg berjalan didepan kemudian sampai ke semacem teluk kecil. Mereka menemukan 3 perahu, perahu tsb mempunyai nama yaitu, Merry meg, Cheerful Charlie, Careful Carrie, tetapi tdk ada yg bernama Saucy...
bersambung.....
          Hasil carian imej untuk gambar novel

          

No comments:

Post a Comment