Thursday 17 December 2015

jejak misteri banjar negara

MISTERI DARI DESA

JEJAK KI AGENG SELAMANIK

Menurut kisah, Ki Ageng Selamanik adalah seorang mantan komandan perang Pangeran Diponegoro yang sangat setia serta cinta kepada bumi, tanah air, dan bangsanya. Beliau tidak mau hidup dalam pelukan penjajah Belanda. Setelah Pangeran Diponegoro ditangkap Kompeni, lalu Ki Ageng Selamanik meneruskan perjuangan Pangeran Diponegoro dengan menghimpun para pemuda untuk dididikagama dan beladiri.
Makam Ki Ageng Selamanik
Mendengar kegiatan Ki Ageng Selamanik tersebut, Kompeni merasa gerah. Maka dari itu, Kompeni beberapa kali mengirim utusannya untuk menangkap Ki Ageng Selamanik. Namun selalu saja dibarengi dengan kegagalan.
Merasa mengalami kesulitan, akhirnya Kompeni mengadakan sayembara, barang siapa yang dapat menangkap Ki Ageng Selamanik akan diberi hadiah uang. Ada yang mengajukan diri dan merasa sanggup, dia bernama Jugil Awar-Awar, kebetulan orang tersebut mengenal Ki Ageng Selamanik karena pernah bertapa bersamaan waktu dan tempatnya di puncak gunung Sumbing. Adapun bedanya, Ki Ageng Selamanik bertapa untuk keperluan positif, sementara Jugil Awar-Awar bertapa untuk keperluan negatif.


Sekian dari saya moga menambah wawasan kalian semua,jika ada kesalahan cerita itu semata dari saya sendiri,
salam achik achik,,,,,,,,,,



No comments:

Post a Comment